Minggu, 09 Oktober 2011

PENDAMPINGAN BAGI AWAL KANAK-KANAK (2-6 TAHUN)


Usia 2-6 tahun adalah masa anak-anak mulai mengenal dirinya sendiri dan belajar berbagai hal baik ilmu pengetahuan atau pun nilai-nilai kehidupan. Rentang usia 0-12 tahun merupakan rentang waktu yang amat menentukan perkembangan kepribadian bagi anak di masa perkembangan selanjutnya sebab pengalaman-pengalaman pada usia ini lebih lekat terekam dalam alam bawah sadar anak. Maka, dalam mendampingi anak-anak khususnya masa awal kanak-kanak (2-6 tahun) tidak kalah penting dengan tahap pranatal atau bayi dan tahap-tahap lainnya.
Menurut pengalaman saya mengasuh keponakan berusia 2 tahun, ketika memasuki usia 2 tahun anak menjadi lebih banyak bertanya dan bertingkah, mereka belajar tentang banyak hal, mulai madiri, suka mencoba-coba, bermain dengan teman sebaya dan sejenis, emosinya juga berkembang dan cenderung labil, hingga usia 6 tahun ia semakin mandiri.

TANTANGAN
Apa yang harus kita lakukan dalam mendampingi anak-anak usia ini?
1.      Makanan
Kita perlu menjaga asupan makanan bagi anak usia ini dengan memperhatikan mutu gizi makanannya. Anak sudah harus dibiasakan makan sayur-sayuran hijau dan buah-buahan serta makanan lain untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Tidak membiasakan anak untuk jajan terutama yang manis-manis sebagai pengganti makan. Harus dibiasakan makan bersama di meja makan dan diajari atau diberi contoh cara makan yang baik dan kebiasaan berdoa sebelum dan sesudah makan.
2. Kebersihan
            Oleh karena anak usia ini adalah masa mudah untuk meniru, maka kebiasaan dan kecintaan akan kebersihan dalam keluarga akan terekan dalam memorinya dan anak akan ikut melaksanakannya. Dalam proses meniru itu, hendaknya selalu didampingi dan memberi penjelasan tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Penjelasan disampaikan dengan sederhana dan benar. Contohnya soal membuang kotoran, anak sudah harus diajari caranya buang air di WC. Selain itu, anak usia 4 tahun sudah harus belajar mandi dan makan sendiri tanpa dimandikan atau disuap serta memakai baju sendiri.
Dijelaskan pula arti kebersihan itu sendiri bagi kehidupan dan kesehatan manusia. Anak perempuan maupun laki-laki harus diajarkan cara membersihkan halaman dan rumah, yaitu menyapunya, menata pot-pot, bercocok tanam, dsb.
3. Pendidikan
Dalam usia ini selain bermain anak sudah belajar baca tulis dan disiplin. Anak hendaknya diajar tentang disiplin waktu bermain, tidur dan belajar. Maka, kita perlu menjadi pendamping yang baik, mampu memberikan pengarahan, pengertian dengan sabar dan benar. Selama mendampingi bermain, belajar atau nonton tv kita perlu menyisipkan ajaran-ajaran tentang nilai-nilai kehidupan. Misalnya, saat anak bermain perang-perangan, kita dapat mengajarkan tentang kebaikan dan keburukan. Akan lebih berguna lagi bila anak sering diajak orang tuanya untuk membantu mengerjakan sesuatu. Misalnya, anak perempuan ikut ibunya memasak di dapur atau berbelanja ke pasar dan anak laki-laki ikut ayahnya membetulkan sepeda atau bercocok tanam di kebun dan rekreasi di alam terbuka.
Oleh karena masa ini anak sudah bersekolah dan ilmu pengetahuan pun sudah berkembang, maka kita perlu mengimbanginya dengan menjadi pendamping belajar yang kompeten, maksudnya bila anak meminta penjelasan maka kita dapat menjawab dengan benar dan anak akan merasa senang belajar. Tidak baik menuntut anak untuk mengikuti banyak les atau kursus macam-macam. Akan lebih baik bila memilih salah satu yang paling ia minati. Masa kanak-kanak adalah masa bermain bukan studi yang penuh. Sex Education juga perlu diberikan dalam kelurga sebab bila anak tidak memperolehnya dalam kelurga, maka ia akan memperolehnya dari luar dan karena tidak ada yang menjelaskn maka anak bisa sesat pikirannya.
 4. Kehidupan Sosial
            Pada masa awal kanak-kanak, anak telah membentuk kelompok-kelompok dengan teman-teman sejenisnya dan memiliki rasa memiliki yang besar sehingga bisa sering bertengkar dengan teman-temannya. Maka, penjelasan yang baik dan benar tentang nilai persahabatan amat penting. Teladan cinta kasih antar anggota keluarga dapat menjadi dorongan anak untuk mengasihi teman-temannya. Komunikasi yang baik dalam keluarga pun mampu membuat anak pandai bersosialisasi. Anak hendaknya sering diajak berkunjung ke tetangga atau kerabat.
Bagaimana bila anak nakal, menangis karena bertengkar, atau marah karena minta sesuatu atau melakukan suatu kesalahan atau pelanggaran?
Yang perlu dipegang dalam menegur/memarahi anak menurut saya:
ö    Pertama-tama, puji sisi baiknya. Setelah paham akan persoalannya, beritahukan kekuarangannya secara baik-baik.
ö    Tunjukkan sedikit kemarahan saja dan jangan lupa untuk mengatakan, ”Karena saya mengasihi kamu.”
ö    Ajarkan hal-hal penting berkali-kali dengan sabar agar anak ingat terus.
ö    Jangan membentak dan memarahi tanpa belas kasihan, tetapi juga jangan menjawab terlalu enteng atau sembarangan.

HAMBATAN
Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mendampingi anak pada masa awal kanan-kanak antara lain sulitnya mengatur waktu dan tidak semua orang memiliki sifat sabar dan lembut dalam menghadapi anak. Lingkungan dimana anak bermain dan belajar sangat mempengaruhi anak sementara kita tidak dapat 24 jam mengawasi atau bersama anak. Maka, perlu situasi tandingan dalam keluarga dengan menciptakan suasana penuh kasih dan komunikasi yang baik tiap hari. Anak ditanya dan diminta cerita pengalamannya bermain atau di sekolah sehingga kita dapat memberikan penjelasan berdasarkan apa yang dialaminya. Dan itulah yang juga menjadi hambatan bila ternyata kondisi relasi dalam kelurganya buruk dan tidak ada waktu bersama.

2 komentar:

  1. brothers of yours.
    “This encounter will mark a jump of epochal civilization for the Earth, and will force your humanity to take another look at many of its certainties, in every field. This is why many will be afraid of it. I repeat again, do not be afraid, I shall prepare you, if you will permit Me to do so, if finally you will set aside your analyses, your logic, your scientific experimentation, if you will allow faith to guide you.
    ___www.versolanuovacreazione.it________________________________________________
    “I will act in purgatory so that the greatest possible number of souls may enter in the beatitude of heaven, thus participating in My work with their prayer. Purgatory will be shaken and the souls will definitely place themselves on the road towards heaven.
    Generations and generations are in purgatory: they will be awakened and will drag also the living with the power of their faith.
    “A very powerful time has started, where the signs from heaven will be more and more evident, if you will be able to read them. Lucifer’s anger will grow stronger and will hurl itself against everything and everybody, but it will not be able to hurt those who belong to Me.
    “You will also see nature restless, because nature reacts to the solicitations of good and evil, with a sensitity often stronger than yours. Nature will be hit heavily by the forces of evil, forces who will try to damage humanity, but nature will not be destroyed. Nature also will be recapitulated in Me in order to be renewed and transformed. Therefore, do not be afraid, My children, when facing the natural events that will follow one another. Hold on tightly to Me and you will have nothing to fear.
    “I am stopping here for now; later I will talk to you about other matters so you can be prepared for what is about to happen. The Father never asks man to adhere to what he cannot understand; first He gives him light, then He asks him to decide, because God is fair with you. The Father sent Me among you to enlighten your road toward God and place you in the condition to be able to walk. Now it is up to you to decide.
    “I am asking you to pray a lot and to seriously decide for God. I am asking you again to donate your life to Me, so that I can protect you and prepare you for the events that are awating you. It is not about catastrophes, like the most apprehensive ones fear, but it is a matter of tests necessary for the purification of humanity, in view of the beautiful and incorrupt new creation awaiting you. The Father prepared it for those who love Him, and I am calling you to be part of it. The Father is at work unceasingly and I am at work as well; therefore, your eyes will see great things. If you have faith you will be able to read them in the right light. They will appear to you for what they truly are: the marvels of God’s love for His people.
    “I am blessing you in the name of the Father, of the Son, and of the Holy Spirit”.
    In the book “Beyond the great barrier” at Chp. 6, I spoke about the humanities of other planets, and of the choices made by each humanity. As a matter of fact, not all men have committed the original sin. There exist some humanities that kept themselves faithful to God, thus preserving spiritual and physical prerogatives much superior to ours.
    For other messages:--- http://towardsthenewcreation.com/ ---

    BalasHapus
  2. superior to ours.
    For other messages:--- http://towardsthenewcreation.com/ ---
    We apologize for the space, we believe that there may be useful for the journey of your life
    God Bless you
    Angelo
    http://www.versolanuovacreazione.it/

    BalasHapus